Menu Buka Puasa Sehat Ala Kang Bahlul

shares |

menu buka puasa sehat
Menu Buka Puasa Sehat Ala Kang Bahlul - Puasa telah tiba. para santri datang kembali ke pondok untuk berpuasa di pondok setelah dua minggu lamanya mereka menikmati libur panjang. Tak terkecuali kang bahlul, dia juga ikut berangkat ke pondok dengan tujuan untuk ikut ngaji falak. Yaitu pelajaran yang di ajarkan di pondok untuk mengisi waktu puasa selama sebulan penuh, tentu saja masih banyak pelajaran-pelajaran lainya.

 waktu sudah menunjukan jam 5 sore. Para santri terlihat sibuk menyiapkan menu buka puasa asing-masing. Tak terkecuali kang bahlul. Tapi karena uang saku yang di bawanya pas-pasan, maka kang bahlul harus sedikit lebih sederhana dalam hal menu berbuka puasa. Ahirnya menui buka puasa pun matang dan waktu berbuka telah tiba. Sebagai mana jadwal waktu berbuka puasa yang di bagikan kepada para santri oleh pengurus pondok. Dan setelah minum, menyantap makanan pembuka, dan melakukan jama'ah solat magrib bersama, para santri pun ahirnya menyantap menu buka puasa mereka.

Melihat menu kang bahlul yang sederhana.. ada seorang santyri yang berniat menggoda kang bahlul.. "wah.. kalau begitu terus sampean bisa cepat kaya kang. Gimana gak cepet kaya kalau menunya tiap hari cuma sambal sama daun singkong rebus..". kata santri itu.
Kang bahlul sadar bahwa dirinya tengah di sindir dengan maksud perkataan itu. Tapi bukan kang bahlul namanya kalau begitu saja sudah kalah dan menyerah. Lalu dengan santai kang bahlul menjawab.. "Sebenarnya saya menyukai menu ini karena telah ada riset yang membuktikan bahwa ini adalah menu buka puasa paling sehat yang pernah di ciptakan..".Kata kang bahlul.
''Ah.. masak? Memang apa buktinya kang?". Tanya santri itu.

"Wah.. banyak.. apa kamu pernah melihat kambing dan sapai? apakah mereka makan hamburger? Spagetty? atau pizza? Tidak to? Mereka memakan tumbuh-tumbuhan.. mereka memakan sayuran.. dan buktinya mereka tak pernah menderita sakit parah hingga harus di opname di rumah sakit. Malahan mereka yang suka makan enak dan berlebih-lebihan malah yang sering mati duluan. Maklum lah.. biasanya orang seperti itu.. bersenang-senang dahulu lalu mati kemudian..hehehe ". Kata kang bahlul sambil berlalu dengan cuek.

 Santri yang berniat enyindir klang bahlul pun hanya dapat melongo.. niatnya dia yang mau nyindir.. eh malah dia sendiri yang kena sindir. Semua ini dapat kita jadikan pelajaran, bahwa kita tak boleh sombong hanya karena apa yang kita miliki lebih mewah dari punya teman sebelah. Karena mewah bukan berarti juga lebih baik kan? hehehe..

Story By: Muhammad Rifai

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar